Kunci C, D, F (dan E)


Jadi tiba-tiba pengen minta diajarin main gitar dengan muka serius, walau bibir nyengir lebar. Gitar sudah ada, temen yang bisa maen gitar ada, waktu ada. Jadi tunggu apalagi? 
Cuss.. Jo ngasi tau jari-jari tangan kiri harus diposisikan dimana untuk kunci C.
Jreengg.. gak bagus suaranya.
Katanya berarti kurang diteken senarnya. Ok, coba diteken lebih keras. 

Jrengg.. masih cempreng. 
"terus kadang suara begitu karna ada yang nempel jarinya.."
Baikk, jari-jari agak gendut gw, dengan kuku sedikit panjang ini, gw atur sedemikian rupa biar cuma neken satu per satu senar dengan benar.

Jengg.. jeng.. jengg.. 

"Kalau masih mendem berarti ada yang masih salah atau nempel.. Tuh jari yang manis nempel.."
"Ihh susah! Mereka secara gak sadar maunya nempel" hehee

Jrengg.. jrengg.. 
"Nah lumayan tuhh.."
Uhuyy, bangga lah gw.. makin optimis gw belajar gitar..

Jreng.. jrengg..
"Bagus, main aja terus gitu.."

..
Cukup puas, lalu gw pun belajar kunci D.. emmm.. kok suaranya gak bagus?!
Nahh gw dikasi tau tuh kalo jari harus sampe kapalan baru biasanya lebih bagus hasilnya.
"Nah gimana caranya biar kapalan?"
Si Ale nyambung aja bilang ketok-ketokin jari ke paha.. mmmm -_-
Jo sih bilang, "yah maen terus".
"Nah tapi kan kalo cewek yang suka medi pedi, bakalan ilang lagi dong kapalannya?" Hehee
"AUK AMAT!"
Jadi yang penting otot di jarinya ada sih (begitu kesimpulan gw -orang awam)
"Kalau main keyboard juga bisa kapalan tau jarinya" celetuk Ale lagi..
Yaakelessss.. gimana caranya?! Keliatan banget kan doi bukan pemain keyboard.

..
Balik ke kunci D gw.
Beneran sih ini sulit!
Gw coba beberapa kali dan fals muluu..
Then.. Barulah gw diajarin fingering (latih jari menekan senar di setiap flat) sambil memetik. Katanya latian dasarnya tuh harus fingering. Bahkan bisa jadi selama sebulan harusnya fingering terus.
"Belajar tempelin jari ke senar dulu aja"
Baikk..
"Tapi sakitt.." TT
"Kalo gitu gak usah belajar." Nyebelin kan.. emang bener sih!

..
Lalu kembalilah kami dengan kunci D.
MASIH D!
Dan hasilnya setelah fingering akhirnya ada satu suara yang kedengeran pas lah.
"Foto pliss, biar gw inget posisinya.." seneng banget dah! Tapi pas genjrengan kedua ketiga eh hilang lagi suaranya -_-

..
Yasud next.. belajar kunci F.
Diajarin yang 4 jari.
Ehh si Kelingking ternyata berbagi tenaga ama si Manis.. ada apa dengan kalian?
"Sakitt juga lama-lama.."
"Ada sarung jari gak sih?"
"Atau mungkin jarinya bisa dililit sesuatu?"
"Sakittt.."
"Bisa sampe berdarah gak sih?"
Wedeww.. Rempong yahh si bebss.. X

..
Setelah 1 jam berlaluu
"Kalau mau cepet belajar harus ada motivasinya.."
"Maksudnya?"
"Biasanya orang pengen belajar gitar karna pengen nyanyiin lagu yang dia suka, makanya dia belajar dan cari tau nadanya. Kan dia sendiri yang tau melekat (maksudnya persis) nadanya seperti apa."
Ahhhhhhhhhhh
Paham.. paham.. tapi gw belum ada motivasi itu, mm nyari dulu deh.. hehee

..
Yahh akhirnya nyari satu lagu yang pernah gw tau pas SMP, dan cara mainnya dipetik --maksudnya ternyata klasik.

Judul lagunya "Autumn in My Heart" (ini link yang dibantu cariin : https://youtu.be/y7roujOll3M )

Susah.
Tapi pengen nyoba (suatu saat nanti).
Sekian.

..
Thanks to Jo, Ale, K Riki
Sudah mengisi kerecehan malam

Comments

Popular Posts